IKRAR ANGGOTA TAPAK SUCI

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Asyhaduanlaailaaha illallaah,

Wa asyhadu anna Muhammadarrasuulullah.

Radhiitu billaahi robba,

Wa bil Islaami diina,

Wabimmuhammadinnabiyya wa rasuula

Ikrar Anggota

TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH

  1. Setia menjalankan ibadah dengan ikhlas karena Allah semata
  2. Mengabdi kepada Allah, berbakti kepada bangsa dan negara, serta membela keadilan dan kebenaran.
  3. Menjauhkan diri dari segala perangai dan tingkah laku yang tercela.
  4. Mencari perdamaian dan kasih sayang serta menjauhi perselisihan dan permusuhan.
  5. Patuh dan taat kepada peraturan-peraturan serta percaya kepada kebijaksanaan pimpinan.
  6. Dengan IMAN dan AKHLAQ saya menjadi kuat, tanpa IMAN dan AKHLAQ saya menjadi lemah

Laa hawla wa laa kuwwata illaa billaahil 'aliyyil 'adzhiim

Sambo, beladiri ala Uni Sovyet

Kamis, 27 Oktober 2011
Sambo, adalah seni bela diri modern yang dikembangkan di Uni Soviet. Kata Sambo kadang ditulis dengan huruf besar "SAMBO" dan merupakan akronim dari "SAMozashchita Bez Oruzhiya" yang berarti "bela diri tanpa senjata". Sambo didasarkan pada gulat tradisional Armenia, Georgia, Moldova, Uzbekistan, Mongolia, dan Azerbaijan.

Ada empat versi Sambo:

* Borba Sambo atau Sambo olahraga, mirip dengan gulat atau Judo
* Sambo pertahanan diri.
* Sambo tempur, dikemangkan untuk militer
Sambo khusus, digunakan untuk pasukan khusus
Sambo Gaya Bebas


SAMBO dikembangkan pertama kali pada sekitar tahun 1930, dan mulai diterima menjadi anggota komite olahraga di Uni Sovyet pada tahun 1938. Sejak saat itu Sambo semakin populer dan dikenal masyarakat. Pada awalnya orang menyebut beladiri ini dengan "gulat bebas". Baru pada tahun 1946 jenis pertarungan ini diberi nama dengan Sambo. Teknik pada Sambo merupakan kompilasi dari beberapa beladiri seperti Jepang, Cina, beladiri leluhur yang berada di wilayah Uni Sovyet (Georgia, Armenia, Mongol, Moldovan, Uzbek, Azerbaijan, Russia, dsb.), gulat ala Perancis, dan lain-lain.
Pada masa PD-II teknik beladiri ini diuji dan dikembangkan untuk angkatan bersenjata. Beberapa teknik khusus pun ditambahkan sehingga dihasilkan teknik-teknik yang mematikan. Sekalipun begitu Sambo diklaim sebagai beladiri yang tanpa "attack" (jurus serangan).



Sambo Olahraga (Borba Sambo), diaplikasikan untuk pertandingan olahraga semacam olahraga Judo, namun dengan beberapa perbedaan pada aturan pertandingan. Sebagai contoh, Sambo membolehkan kuncian kaki, namun tidak membolehkan cekikan (chokehold).

Sambo Pertahanan Diri, diaplikasikan sebagai sebuah seni beladiri seperti halnya Aikijutsu, Jujutsu, ataupun Aikido, yang digunakan untuk menghadapi lawan baik dengan senjata maupun tangan kosong.

Sambo Tempur (Boyevoye Sambo), dipergunakan dan dikembangkan untuk kalangan angkatan bersenjata, termasuk latihan-latihan dengan menggunakan senjata maupun tangan kosong.

Sambo Khusus, dikembangkan khusus untuk angkatan bersenjata maupun polisi dengan tugas-tugas khusus dan spesifik. Teknik-teknik dasar pada Sambo diambil, kemudian dikembangkan dan dicocokkan untuk misi atau tugas khusus .

Sambo Gaya Bebas, pertama kali diperkenalkan oleh American Sambo Association (ASA) pada tahun 2004. Cekikan (choke hold) diperbolekan dalam aturan Sambo Gaya Bebas ini, namun beberapa kuncian dari teknik Sambo Tempur, tetap tidak diperbolehkan, karena pada dasarnya Sambo Gaya Bebas ini masih merupakan bentuk Sambo Olahraga. Seperti layaknya semua jenis Sambo, Sambo Gaya Bebas ini mengutamakan teknik jatuhan, bantingan, dan pertarungan di lantai (matras), dan tidak diperbolehkan memukul atau jenis serangan lainnya. Aturan yang dibuat oleh ASA ini dibuat agar para olahragawan lainnya (seperti Judo dan Jujutsu) dapat ikut serta dalam pertandingan-pertandingan Sambo. (MIR)

sumber: http://pptapaksuci.org

Dengan Iman dan Akhlak saya Menjadi Kuat
Tanpa Iman dan Akhlak saya Menjadi Lemah