IKRAR ANGGOTA TAPAK SUCI

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Asyhaduanlaailaaha illallaah,

Wa asyhadu anna Muhammadarrasuulullah.

Radhiitu billaahi robba,

Wa bil Islaami diina,

Wabimmuhammadinnabiyya wa rasuula

Ikrar Anggota

TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH

  1. Setia menjalankan ibadah dengan ikhlas karena Allah semata
  2. Mengabdi kepada Allah, berbakti kepada bangsa dan negara, serta membela keadilan dan kebenaran.
  3. Menjauhkan diri dari segala perangai dan tingkah laku yang tercela.
  4. Mencari perdamaian dan kasih sayang serta menjauhi perselisihan dan permusuhan.
  5. Patuh dan taat kepada peraturan-peraturan serta percaya kepada kebijaksanaan pimpinan.
  6. Dengan IMAN dan AKHLAQ saya menjadi kuat, tanpa IMAN dan AKHLAQ saya menjadi lemah

Laa hawla wa laa kuwwata illaa billaahil 'aliyyil 'adzhiim

PAMANCA 2012

Senin, 28 Mei 2012

KETENTUAN UMUM PENYELENGGARAAN
“PAMANCA”
FESTIVAL SILAT TRADISI DAN TAPAK SUCI OPEN TOURNAMENT
I.     TAPAK SUCI OPEN TOURNAMENT
A.       WAKTU DAN TEMPAT PENYELENGGARAAN
Waktu   : 1-6 juli 2012
Tempat : Auditorium Al-Amin Unismuh Makassar

B.       KELAS YANG DIPERTANDINGKAN
a.        Remaja

1.       Remaja putra
·         Kelas A (35-38) Kg
·         Kelas B (38-41 )Kg
·         Kelas C (41-44) Kg
·         Kelas D (44-47) Kg
·         Kelas E (47-50) Kg
·         Kelas F (50-53) Kg
·         Kelas G (53-57) Kg
·         Kelas H (57-60) Kg

2.       Remaja putri
·         Kelas A (35-38) Kg
·         Kelas B (38-41 )Kg
·         Kelas C (41-44) Kg
·         Kelas D (44-47) Kg

b.       Dewasa
1.       Dewasa Putra
·         Kelas A (45-50) Kg
·         Kelas B (50-55 )Kg
·         Kelas C (55-60) Kg
·         Kelas D (60-65) Kg
·         Kelas E (65-70) Kg
·         Kelas F (70-75) Kg
·         Kelas G (75-80 )Kg
·         Kelas H (80-85) Kg
·         Kelas I (85-90) Kg
·         Kelas J (90-95) Kg
·         Kelas Bebas Beregu
(5 orang, diatas 65 kg)

2.       Dewasa Putri
·         Kelas A (45-50) Kg
·         Kelas B (50-55 )Kg
·         Kelas C (55-60) Kg
·         Kelas D (60-65) Kg
·         Kelas E (65-70) Kg
·         Kelas F (70-75) Kg

C.       PENGHARGAAN JUARA
1.       Setiap pesilat yang dinyatakan juara 1, 2, dan 3 akan memperoleh medali dan piagam.
2.       Setiap tim yang ditetapkan sebagai juara umum 1, 2, dan 3 akan memperoleh tropy tetap dan (dana pembinaan).
3.       Pesilat terbaik (PA/PI) dan kontingen terbaik akan memperoleh tropy tetap.
D.       PERATURAN DAN SISTEM PERTANDINGAN
1.       Peraturan Pertandingan yang dipergunakan adalah Peraturan Pertandingan Pencak Silat Olahraga TAPAK SUCI berdasarkan Sidang Pleno Pimpinan Pusat Tapak Suci di Yogyakarta 2011.
2.       Sistem Pertandingan yang dipergunakan adalah sistem gugur, kecuali untuk juara 3 kelas beregu akan dipertandingkan kembali (tidak ada juara 3 bersama).

E.        PERSYARATAN PESERTA/TIM
a.        Dewasa
1.       Setiap Daerah/ perguruan Tinggi hanya terdiri dari 1 (satu tim), kecuali tuan rumah.
2.       Setiap tim menyerahkan surat mandat  dari Pimda/ perguruan Tinggi masing-masing.
3.       Peserta telah berusia 17 tahun dan tidak lebih dari 35 tahun Pada tanggal 1 Juli 2012 (dibuktikan dengan foto copy Akte Kelahiran atau STTB/ Ijazah  aslinya ditunjukkan pada saat pendaftaran)
4.       Menyerahkan pas foto ukuran 3 X 4 cm = 2 lembar berpakaian merah – merah
5.       Pesilat telah menduduki tingkat pendidikan paling rendah siswa satu dan paling tinggi kader utama (dibuktikan dengan ijazah tingkat atau keterangan lulus ujian)
6.       Setiap peserta menyetor sumbangan administrasi sebanyak Rp. 35. 000 (Tiga puluh Lima Ribu Rupiah)
b.        Remaja
1.       Setiap Daerah/ pesantren hanya terdiri dari 1 (satu tim).
2.       Setiap tim menyerahkan surat mandat dari Pimda/ pesantren masing-masing.
3.       Peserta telah berusia 13 tahun dan tidak boleh lebih dari 17 tahun Pada tanggal 1 Juli 2012 (dibuktikan dengan foto copy Akte Kelahiran atau STTB/ Ijazah  aslinya ditunjukkan pada saat pendaftaran)
4.       Menyerahkan pas foto ukuran 3 X 4 cm = 2 lembar berpakaian merah – merah.
5.       Setiap peserta menyetor sumbangan administrasi sebanyak Rp. 35. 000 (Tiga puluh Lima Ribu Rupiah)

F.       PENDAFTARAN
1.       Konfirmasi awal pendaftaran sejak menerima surat undangan  sampai dengan tanggal 1 juni 2012 via: CP  : Kheru (085299012319), Arul    (085242414416)
2.       Penerimaan data/persyaratan peserta mulai 1 s.d. 25 Juni  2012 (dengan alamat sekretariat Tapak Suci Unismuh Tala Salapang Makassar).
3.       Data peserta defenitif paling lambat tagnggal 30 Juni 2012 pukul 15. 00 wita di gedung Auditorium Al-Amin Unismuh Makassar.

G.      PROTES
1.       Jika terjadi keberatan atas hasil pertandingan, maka yang bersangkutan melakukan prosedur protes sebagai berikut:
a.       Tim manager yang bersangkutan menyampaikan keberatannya dengan mengisi formulir selambat-lambatnya 20 menit setelah pertandingan dimaksud selesai.
b.       Keputusan atas keberatan tersebut pada tingkat pertama diselesaikan oleh ketua pertandingan bersama dewan wasit juri.
c.        Jika keputusan tingkat pertama tidak diterima oleh yang bersangkutan maka dapat mengajukan banding, 20 menit setelah putusan pertama diterima.
d.       Pengadilan tingkat banding tediri atas delegasi teknik, ketua pertandingan dan dewan wasit juri yang akan meninjau kembali dan mengambil keputusan selambat-lambatnya 3 jam setelah banding diajukan. Keputusan tingkat banding bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
2.       Setiap mengajukan keberatan (protes) dikenakan biaya sebesar 500.000 rupiah yang diserahkan kepada delegasi teknik.
3.       Jika pengajuan keberatan diterima, maka biaya protes tersebut dapat ditarik kembali dan sebaliknya jika keberatan ditolak, maka biaya protes tersebut tidak dapat ditarik kembali.

H.      TATA TERTIB DAN SANKSI
Tata tertib yang harus dipatuhi dan berlaku bagi semua pesilat, official serta supporter selama berlangsungnya pertandingan adalah ;
a.       Dilarang membawa segala macam benda tajam ke dalam arena pertandingan dan dilarang membuat kegaduan / keributan yang dapat mengganggu jalannya pertandingan
b.       Dilarang bertindak kasar, baik dengan kata – kata maupun dengan perbuatan terhadap seluruh aparat pertandingan.
Pelanggaran terhadap Peraturan di atas akan dikenakan sanksi berupa :
a.       Untuk Pesilat, berupa Peringatan Keras, dinyatakan kalah Diskualifikasi untuk seluruh Pertandingan  / diskors sebagai pesilat
b.       Untuk Official, berupa peringatan keras, tidak diakui sebagai official / diskors
c.        Untuk supporter / penonton, peringkatan keras, dan dikeluarkan dari arena pertandingan
I.        HAL-HAL LAIN
1.       Transportasi dan konsumsi ditanggung masing-masing tim
2.       Akomodasi ditanggung masing-masing tim*
3.       Perlengkapan teknis pertandingan dipersiapkan masing-masing tim, panitia hanya menyediakan body protector
4.       Kelas yang hanya diikuti oleh 2 pesilat tidak dipertandingkan.
5.       Pesilat kelas beregu tidak dapat diganti tapi dapat merangkap kelas perorangan.
6.       Apabila terjadi cedera yang memerlukan perawatan di rumah sakit, maka seluruh biaya menjadi tanggung jawab kontingen bersangkutan.
7.       Setiap kelas (kecuali kelas beregu) hanya diwakili seorang pesilat dari masing-masing kontingen dan tidak dapat mengganti pesilatnya apabila pesilat tersebut sudah pernah bertanding.
8.       Hal-hal yang belum termuat akan diatur kemudian.
*difasilitasi sesuai kondisi yang ada, dan disiapkan penginapan untuk disewakan      (RUSUNAWA KAMPUS)
 



II.    PAMANCA” FESTIVAL PENCAK SILAT TRADISI

A.      Peserta
·         Perguruan Pencak Silat
·         Pimda Tapak Suci
·         Perguruan Tinggi
·         Sanggar Seni
·         Pondok Pesantren
B.      Penghargaan
Juara 1, 2 dan 3 :
·         Tropy tetap
·         Sertifikat
·         Dana pembinaan

C.  Ketentuan dan perasyaratan peserta

1.
Setiap perguruan Pencak Silat, Pimda, PT, Sanggar Seni dan pesantren hanya diperkenankan mengutus 1 (satu) tim.
Setiap tim menyerahkan surat mandat dari pimpinan masing-masing.
Usia peserta minimal 10 th (terhitung pada tanggal1 juli 2012)

2.
Masing-masing peserta dapat mengutus kategori:  

a.
Tunggal Putera atau Puteri (tangan kosong atau bersernjata dengan durasi tampilan maksimal 3 menit)

b.

Kelompok (Max. 20 (dua puluh)  orang, diperkenankan gabungan P dan W) dengan durasi tampilan maksimal 15 menit
3.
Materi penampilan pencak silat kelompok menggunakan tema cerita
        4.
Peserta berpakaian pesilat dan atau dengan assesoris yang dikehendaki tim.
6.
Senjata yang diperkenankan adalah senjata tradisional khas Indonesia.
7.
Musik Pengiring

a.
Setiap peserta diperbolehkan menggunakan music pengiring, baik musik langsung maupun hasil rekaman..  

b.
Jenis musik harus tradisional khas Indonesia.

c.
CD musik tersebut sudah harus diserahkan pada saat pendafataran dan sebelum Festival Pencak Silat dimulai.
8.
Setiap peserta wajib mengikuti peraturan yang ditetapkan penyelenggara.
9.
Hasil akhir penilaian festival bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
10.
Konfirmasi/Pendaftaran peserta paling lambat tanggal 25 Juni 2012 bertempat di secretariat Tapak Suci Cabang Unismuh Tala Salapang Makassar.
12.

13.
14.
Peraturan teknis festival akan diatur secara terpisah oleh Pananggung Jawab Teknis.
Akomodasi dan konsumsi ditanggung masing-masing tim.
Apabila terjadi kecelakaan dalam proses pertandingan dan membutuhkan tindakan medis, panitia hanya menanggung sampai di rumah sakit, selebihnya menjadi tanggungan masing-masing tim.




D.   Hal-hal Lain
         a.  Tim juri dari 5 unsur yang dinilai
1.       Pendekar silat, menilai kemantapan dan keindahan jurus (unsure silat)
2.       Musisi, menilai music (keserasian irama dan gerak)
3.       Entertain, menilai unsur panggung
4.       Koreografer, menilai penguasaan panggung
5.       Budayawan, menilai tema dan cerita (unsure keserasian budaya terkait dengan tema yang dibawakan) 
b.   Panggung yang dipergunakan berukuran 12 x 9 meter.
c.   Hal-hal yang belum termuat akan diatur kemudian.

Dengan Iman dan Akhlak saya Menjadi Kuat
Tanpa Iman dan Akhlak saya Menjadi Lemah