KETENTUAN UMUM PENYELENGGARAAN
“PAMANCA”
FESTIVAL SILAT TRADISI DAN TAPAK SUCI OPEN
TOURNAMENT
I.
TAPAK SUCI OPEN TOURNAMENT
A.
WAKTU
DAN TEMPAT PENYELENGGARAAN
Waktu
: 1-6 juli 2012
Tempat
: Auditorium Al-Amin Unismuh Makassar
B.
KELAS
YANG DIPERTANDINGKAN
a.
Remaja
1.
Remaja
putra
·
Kelas
A (35-38) Kg
·
Kelas
B (38-41 )Kg
·
Kelas
C (41-44) Kg
·
Kelas
D (44-47) Kg
·
Kelas
E (47-50) Kg
·
Kelas
F (50-53) Kg
·
Kelas
G (53-57) Kg
·
Kelas
H (57-60) Kg
|
2.
Remaja
putri
·
Kelas
A (35-38) Kg
·
Kelas
B (38-41 )Kg
·
Kelas
C (41-44) Kg
·
Kelas
D (44-47) Kg
|
b.
Dewasa
1.
Dewasa
Putra
·
Kelas
A (45-50) Kg
·
Kelas
B (50-55 )Kg
·
Kelas
C (55-60) Kg
·
Kelas
D (60-65) Kg
·
Kelas
E (65-70) Kg
·
Kelas
F (70-75) Kg
·
Kelas
G (75-80 )Kg
·
Kelas
H (80-85) Kg
·
Kelas
I (85-90) Kg
·
Kelas
J (90-95) Kg
·
Kelas
Bebas Beregu
(5 orang, diatas 65 kg)
|
2.
Dewasa
Putri
·
Kelas
A (45-50) Kg
·
Kelas
B (50-55 )Kg
·
Kelas
C (55-60) Kg
·
Kelas
D (60-65) Kg
·
Kelas
E (65-70) Kg
·
Kelas
F (70-75) Kg
|
C.
PENGHARGAAN
JUARA
1.
Setiap
pesilat yang dinyatakan juara 1, 2, dan 3 akan memperoleh medali dan piagam.
2.
Setiap
tim yang ditetapkan sebagai juara umum 1, 2, dan 3 akan memperoleh tropy tetap
dan (dana pembinaan).
3.
Pesilat
terbaik (PA/PI) dan kontingen terbaik akan memperoleh tropy tetap.
D.
PERATURAN
DAN SISTEM PERTANDINGAN
1.
Peraturan Pertandingan yang dipergunakan
adalah Peraturan Pertandingan Pencak Silat Olahraga TAPAK SUCI berdasarkan
Sidang Pleno Pimpinan Pusat Tapak Suci di Yogyakarta 2011.
2.
Sistem Pertandingan yang dipergunakan adalah
sistem gugur, kecuali untuk juara 3 kelas beregu akan dipertandingkan kembali
(tidak ada juara 3 bersama).
E.
PERSYARATAN
PESERTA/TIM
a.
Dewasa
1.
Setiap Daerah/ perguruan Tinggi hanya
terdiri dari 1 (satu tim), kecuali tuan rumah.
2.
Setiap tim menyerahkan surat mandat dari Pimda/ perguruan Tinggi masing-masing.
3.
Peserta telah berusia 17 tahun dan
tidak lebih dari 35 tahun Pada tanggal 1 Juli 2012 (dibuktikan dengan
foto copy Akte Kelahiran atau STTB/ Ijazah aslinya ditunjukkan pada saat pendaftaran)
4.
Menyerahkan pas foto ukuran 3 X 4 cm = 2
lembar berpakaian merah – merah
5.
Pesilat telah menduduki tingkat pendidikan
paling rendah siswa satu dan paling tinggi kader utama (dibuktikan dengan
ijazah tingkat atau keterangan lulus ujian)
6.
Setiap peserta menyetor sumbangan
administrasi sebanyak Rp. 35. 000 (Tiga puluh Lima Ribu Rupiah)
b.
Remaja
1.
Setiap Daerah/ pesantren hanya terdiri
dari 1 (satu tim).
2.
Setiap tim menyerahkan surat mandat dari
Pimda/ pesantren masing-masing.
3.
Peserta telah berusia 13 tahun dan
tidak boleh lebih dari 17 tahun Pada tanggal 1 Juli 2012 (dibuktikan
dengan foto copy Akte Kelahiran atau STTB/ Ijazah aslinya ditunjukkan pada saat pendaftaran)
4.
Menyerahkan pas foto ukuran 3 X 4 cm = 2
lembar berpakaian merah – merah.
5.
Setiap peserta menyetor sumbangan
administrasi sebanyak Rp. 35. 000 (Tiga puluh Lima Ribu Rupiah)
F.
PENDAFTARAN
1.
Konfirmasi awal pendaftaran sejak menerima
surat undangan sampai dengan tanggal 1 juni 2012 via: CP :
Kheru (085299012319), Arul
(085242414416)
2.
Penerimaan data/persyaratan peserta mulai 1 s.d. 25 Juni 2012 (dengan alamat sekretariat Tapak Suci Unismuh Tala Salapang Makassar).
3.
Data peserta defenitif paling lambat
tagnggal 30 Juni 2012 pukul 15. 00 wita di gedung Auditorium Al-Amin Unismuh
Makassar.
G.
PROTES
1.
Jika terjadi keberatan atas hasil
pertandingan, maka yang bersangkutan melakukan prosedur protes sebagai berikut:
a.
Tim manager yang bersangkutan menyampaikan
keberatannya dengan mengisi formulir selambat-lambatnya 20 menit setelah
pertandingan dimaksud selesai.
b.
Keputusan atas keberatan tersebut pada tingkat
pertama diselesaikan oleh ketua pertandingan bersama dewan wasit juri.
c.
Jika keputusan tingkat pertama tidak
diterima oleh yang bersangkutan maka dapat mengajukan banding, 20 menit setelah
putusan pertama diterima.
d.
Pengadilan tingkat banding tediri atas
delegasi teknik, ketua pertandingan dan dewan wasit juri yang akan meninjau
kembali dan mengambil keputusan selambat-lambatnya 3 jam setelah banding
diajukan. Keputusan tingkat banding bersifat final dan tidak dapat diganggu
gugat.
2.
Setiap mengajukan keberatan (protes)
dikenakan biaya sebesar 500.000 rupiah yang diserahkan kepada delegasi teknik.
3.
Jika pengajuan keberatan diterima, maka
biaya protes tersebut dapat ditarik kembali dan sebaliknya jika keberatan
ditolak, maka biaya protes tersebut tidak dapat ditarik kembali.
H.
TATA TERTIB DAN
SANKSI
Tata tertib yang harus dipatuhi dan
berlaku bagi semua pesilat, official serta supporter selama berlangsungnya
pertandingan adalah ;
a.
Dilarang membawa segala macam benda tajam
ke dalam arena pertandingan dan dilarang membuat kegaduan / keributan yang
dapat mengganggu jalannya pertandingan
b.
Dilarang bertindak kasar, baik dengan kata
– kata maupun dengan perbuatan terhadap seluruh aparat pertandingan.
Pelanggaran terhadap Peraturan di atas
akan dikenakan sanksi berupa :
a.
Untuk Pesilat, berupa Peringatan Keras, dinyatakan
kalah Diskualifikasi untuk seluruh Pertandingan / diskors sebagai pesilat
b.
Untuk Official, berupa peringatan keras, tidak
diakui sebagai official / diskors
c.
Untuk supporter / penonton, peringkatan
keras, dan dikeluarkan dari arena pertandingan
I.
HAL-HAL LAIN
1.
Transportasi dan konsumsi ditanggung
masing-masing tim
2.
Akomodasi ditanggung masing-masing tim*
3.
Perlengkapan teknis pertandingan
dipersiapkan masing-masing tim, panitia hanya menyediakan body protector
4.
Kelas yang hanya diikuti oleh 2 pesilat
tidak dipertandingkan.
5.
Pesilat kelas beregu tidak dapat diganti
tapi dapat merangkap kelas perorangan.
6.
Apabila terjadi cedera yang memerlukan
perawatan di rumah sakit, maka seluruh biaya menjadi tanggung jawab kontingen
bersangkutan.
7.
Setiap kelas (kecuali kelas beregu) hanya
diwakili seorang pesilat dari masing-masing kontingen dan tidak dapat mengganti
pesilatnya apabila pesilat tersebut sudah pernah bertanding.
8.
Hal-hal yang belum termuat akan diatur
kemudian.
*difasilitasi
sesuai kondisi yang ada, dan disiapkan penginapan untuk disewakan (RUSUNAWA KAMPUS)
|
II. “PAMANCA” FESTIVAL PENCAK SILAT TRADISI
A.
Peserta
·
Perguruan Pencak Silat
·
Pimda Tapak Suci
·
Perguruan Tinggi
·
Sanggar Seni
·
Pondok Pesantren
B.
Penghargaan
Juara 1, 2 dan 3 :
·
Tropy tetap
·
Sertifikat
·
Dana pembinaan
C.
Ketentuan dan perasyaratan peserta
1.
|
Setiap
perguruan Pencak Silat, Pimda, PT, Sanggar Seni dan pesantren hanya
diperkenankan mengutus 1 (satu) tim.
Setiap
tim menyerahkan surat mandat dari pimpinan masing-masing.
Usia
peserta minimal 10 th (terhitung pada tanggal1 juli 2012)
|
||
2.
|
Masing-masing
peserta dapat mengutus kategori:
|
||
a.
|
Tunggal
Putera atau Puteri (tangan kosong atau bersernjata dengan durasi tampilan
maksimal 3 menit)
|
||
b.
|
Kelompok
(Max. 20 (dua puluh) orang,
diperkenankan gabungan P dan W) dengan durasi tampilan maksimal 15 menit
|
||
3.
|
Materi
penampilan pencak silat kelompok menggunakan tema cerita
|
||
4.
|
Peserta
berpakaian pesilat dan atau dengan assesoris yang dikehendaki tim.
|
||
6.
|
Senjata
yang diperkenankan adalah senjata tradisional khas Indonesia.
|
||
7.
|
Musik
Pengiring
|
||
a.
|
Setiap
peserta diperbolehkan menggunakan music pengiring, baik musik langsung maupun
hasil rekaman..
|
||
b.
|
Jenis
musik harus tradisional khas Indonesia.
|
||
c.
|
CD
musik tersebut sudah harus diserahkan pada saat pendafataran dan sebelum
Festival Pencak Silat dimulai.
|
||
8.
|
Setiap
peserta wajib mengikuti peraturan yang ditetapkan penyelenggara.
|
||
9.
|
Hasil
akhir penilaian festival bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
|
||
10.
|
Konfirmasi/Pendaftaran
peserta paling lambat tanggal 25 Juni 2012 bertempat di secretariat Tapak
Suci Cabang Unismuh Tala Salapang Makassar.
|
||
12.
13.
14.
|
Peraturan
teknis festival akan diatur secara terpisah oleh Pananggung Jawab Teknis.
Akomodasi
dan konsumsi ditanggung masing-masing tim.
Apabila
terjadi kecelakaan dalam proses pertandingan dan membutuhkan tindakan medis,
panitia hanya menanggung sampai di rumah sakit, selebihnya menjadi tanggungan
masing-masing tim.
|
||
D.
Hal-hal Lain
a. Tim juri dari 5 unsur yang
dinilai
1.
Pendekar
silat, menilai kemantapan dan keindahan jurus (unsure silat)
2.
Musisi,
menilai music (keserasian irama dan gerak)
3.
Entertain,
menilai unsur panggung
4.
Koreografer,
menilai penguasaan panggung
5.
Budayawan,
menilai tema dan cerita (unsure keserasian budaya terkait dengan tema yang
dibawakan)
b. Panggung
yang dipergunakan berukuran 12 x 9 meter.
c. Hal-hal yang belum termuat akan diatur kemudian.